Sabtu, 04 September 2010

Sambung samping / side bading


Sambung Samping /stek samping / sidebading
à Pada tanaman yang agak kecil dengan umur kira-kira 2-5 tahun / pada cabang AUTOTROP yang besar dan masih muda.
  1. pilih dan potong cabang CABANG LADIOTROP / ENTRES 2-3 mata CABANG LADIOTROP / ENTRES yang segar dan muda
  2. belah sedikit kulit dari tanaman yang akan di stek < sayat bagian atas kiri serta kanan nya lalu tarik/ buka sedikit kulit dari tanaman(DI KLITOK =dalam bhs.jawa) tersebut >usahakan dalam menyayat /membelah sama besarnya dengan CABANG LADIOTROP / ENTRES yang akan kita pakai,..jangan sampai dalam menyayat /membelah terpotong jaringan kayunya <xylem&floim> yang berwarna putih terlebih lagi di tengah2,hanya yang terpotong/terbelah kulitnya saja.,jarakdari tanah kira2 = 25cm
  3. sayat CABANG LADIOTROP / ENTRES kira-kira 60 drajat berbentuk sayatan miring jangan sampai pecah baik kulat ataupun kambimnya .
  4. pasangkan sayatan CABANG LADIOTROP / ENTRES ke tanaman,pasangnya pilih tempatkan kesamping ketemu samping jangan tengah ketemu samping <kulit mepet dengan  kulit> dan untuk sisi sebelah nya diarkan saja kosong khusus CABANG LADIOTROP / ENTRES jika terlalu besar jangan sampai terlalu kecil sehinga tidak muat untk dipasang.
  5. “ INGAT dalam menyayat , membalah dan mamasang harus cepat dalam hitungan detik jika lama akan kering dan harus di ulang ( kembalai ke petunjuk no.2)
  6. setelah terpasang tekan ke bawah hingga mentok jika sudah mentok janggan di paksa bisa pecah CABANG LADIOTROP / ENTRES dan berakibat gagal/mati.
  7. ikat kuat-kuat hingga rata sampai tertutup seluruh bagian yang kita sayat dengan mengunakan pesaan biar tidak menyiksa tanaman tadi.
  8. setelah di ikat tutup dengan pastik jangan sampai ada lubang karena untuk manjaga suhu ruang dan juga terhunar dari jamur dan bakteri yang merugikan. SELESAI.     Lakukan pada tunas yang lain?
Perawatan Lanjutan
  1. tunggu kira-kira 21hari maka akan terlihat yang hidup dan yang gagal ,jika berhasil maka akan muncul tunas ladioterop yang baru.
  2. bukalah plastic / soboklah plastic jika usah muncul agak besar ,jangan sampai tidak di buka karena jika sampai layu maka akan sulit untuk tumbuh lagi.
  3. setelah plastic di buka dan cabang CABANG LADIOTROP / ENTRES udah besar bukalah raffia / panyikatnya jangn sampai tidak di buka karena akan mencekik tanaman / stek tadi ,yang berakibat pada kegagalan.
  4. jika cabang baru tumbuh ke bawah potong daun seluruhnya <½ bagian daun> biar cabang agak tegak.
  5. setelah besar cabang steknya potong cabang utamanya ½ tapi jangan sampai tepotong ,ditekuk cabang utama tanaman tadi dengan berlawanan arah dengan hasi stek nya
  6. setelah besar baru potong penih tanaman utamanya dengan jarak miniman 25cm dari hasil stek tersebut.
UNTUK TANAMAN YANG SUDAQH BESAR DAN TUA PERLAKUANYA SAMA SEPERTI TADI ,HANYA BEDANYA JIKA KULIT DI  tarik ada serat kulit yang menempul sehingga tidak sepenuhnya berwarna putih berarti harus diGANTI ,dan jika masih sama ganti tanaman yang akn di stek, karena tanaman tersebut tidak sehat jikapun diteruskan akan gagal.

Catatan:
*sangat sulit untuk dijelaskan lewat kata2 jika tidak di melihat dengan gambar*
*hitung prosentase keberhasilan ,jika gagal bukan dan pelajari apa sebabnya gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar